Memperbaiki Mixer Adonan Roti

Pada kehidupan kita sehari-hari, kita tidak lepas akan perlatan-peralatan yang berhubungan dengan listrik. Misalnya saja : TV, radio, VCD, handphone, mixer, kompoer listrik, lampu neon dan lain-lain. Karena perlatan tersebut kita pakai setiap hari maka masalah dapat saja muncul setelah peralaatn listrik tersebut sudah sering atau lama dipakai. Barang apapun namanya, pada suatu saat pasti rusak, lebih-lebih lagi jika cara penggunaannya kurang tepat, tentu mempercepat rusaknya peralatan. Pada umumnya kita hanya bisa  menggunakan tapi kurang dapat melakukan perwatan apalagi perbaikan jika ada kerusakan. Perawatan dan atau perbaikan sudah diluar jangkauan kemampuan kita. 

 
Sehingga kalau kita mendapati barang tersebut rusak maka kita pasti terhambat aktivitas kita. Berikut ini saya akan berbagi pengetahuan tentang perbaikan mixer adonan roti. Kebetulan mixer milik saya ini kemarin mati secara tiba-tiba.

Saya mencoba membongkar mixer tersebut. Kerusakan umum yang sering terjadi adalah :
1. Mesin bunyi berputar tapi besi pengaduk tidak berputar.
2. Mati total, ga mau berputar.

Pada kerusakan yang pertama , itu terjadi karena gear sudah aus dan mesti kita ganti dengan yang baru, tinggal dilepas gear tersebut , bawa ke toko elektronik , beli yang jenis dan seukuran  sama. Kemudian pasang di mixer, pasti masalah teratasi.

Pada kerusakan yang kedua , ada beberapa penyebab :
- kumparan terbakar  ------  bawa aja ke tukang servis karena kerusakan ini parah
- ada bagian kabel yang terputus ------ periksa menggunakan avo meter
- bagian "brostel" sudah aus ------ beli di toko elektronik ada banyak

Baiklah semoga cukup membantu, Salam

 

This entry was posted by azkadina. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Powered by Blogger.